kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 6:53-81 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
6:53 dan anak orang ini ialah Zadok, dan anak orang ini ialah Ahimaas.
Kota-kota orang Lewi
6:54 Inilah tempat-tempat kediaman mereka menurut tempat-tempat perkemahan mereka di daerah mereka: kepada keturunan Harun yang termasuk kaum orang Kehat -- karena bagi merekalah undian yang pertama -- 6:55 kepada mereka diberikan Hebron di tanah Yehuda dengan tanah-tanah penggembalaan di sekelilingnya, 6:56 tetapi tanah ladang kota tadi dengan desa-desanya telah diberikan kepada Kaleb bin Yefune. 6:57 Kepada keturunan Harun diberikan Hebron kota perlindungan itu, kemudian Libna dengan tanah-tanah penggembalaannya, dan Yatir, lalu Estemoa dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:58 Hilen dengan tanah-tanah penggembalaannya, Debir dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:59 Asan dengan tanah-tanah penggembalaannya, dan Bet-Semes dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:60 dan dari suku Benyamin: Geba dengan tanah-tanah penggembalaannya, Alemet dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Anatot dengan tanah-tanah penggembalaannya. Seluruhnya kota-kota mereka ada tiga belas yang dibagikan di antara kaum-kaum mereka. 6:61 Dan keturunan Kehat yang selebihnya mendapat dengan undian sepuluh kota dari kaum suku itu, yakni dari suku Manasye yang setengah itu. 6:62 Kepada keturunan Gerson menurut kaum-kaum mereka diberikan tiga belas kota dari suku Isakhar, dari suku Asyer, dari suku Naftali dan dari suku Manasye yang di Basan. 6:63 Kepada keturunan Merari menurut kaum-kaum mereka diberikan dengan diundi dua belas kota dari suku Ruben, dari suku Gad dan dari suku Zebulon. 6:64 Jadi orang Israel memberikan kepada orang Lewi kota-kota itu dengan tanah-tanah penggembalaannya. 6:65 Mereka memberikan juga dengan diundi kota-kota tadi, yang mereka sebutkan nama-namanya, dari suku bani Yehuda, dari suku bani Simeon dan dari suku bani Benyamin. 6:66 Kaum-kaum yang lain dari keturunan Kehat mendapat kota-kota dari suku Efraim sebagai daerah mereka. 6:67 Kepada mereka diberikan Sikhem, kota perlindungan itu, dengan tanah-tanah penggembalaannya, di pegunungan Efraim, lalu Gezer dengan tanah-tanah penggembalaannya, 6:68 Yokmeam dengan tanah-tanah penggembalaannya, Bet-Horon dengan tanah-tanah penggembalaannya, 6:69 Ayalon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Gat-Rimon dengan tanah-tanah penggembalaannya. 6:70 Dan dari suku Manasye yang setengah itu: Aner dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Bileam dengan tanah-tanah penggembalaannya. Jadi kota-kota itu diberikan kepada kaum-kaum yang selebihnya dari keturunan Kehat. 6:71 Keturunan Gerson mendapat dari kaum suku Manasye yang setengah itu; Golan yang di Basan dengan tanah-tanah penggembalaannya, lalu Asytarot dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:72 dari suku Isakhar: Kedesh dengan tanah-tanah penggembalaannya; Daberat dengan tanah-tanah pengembalaannya, 6:73 Ramot dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Anem dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:74 dari suku Asyer: Masal dengan tanah-tanah penggembalaannya, Abdon dengan tanah-tanah penggembalaannya, 6:75 Hukok dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Rehob dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:76 dari suku Naftali: Kedesh yang di Galilea dengan tanah-tanah penggembalaannya, Hamon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Kiryataim dengan tanah-tanah penggembalaannya. 6:77 Keturunan Merari yang selebihnya mendapat dari suku Zebulon: Rimono dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Tabor dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:78 dan di seberang sungai Yordan dekat Yerikho, di sebelah timur sungai Yordan, diberikan dari suku Ruben: Bezer yang di padang gurun dengan tanah-tanah penggembalaannya, Yahas dengan tanah-tanah penggembalaannya, 6:79 Kedemot dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Mefaat dengan tanah-tanah penggembalaannya; 6:80 dan dari suku Gad: Ramot di Gilead dengan tanah-tanah penggembalaannya, Mahanaim dengan tanah-tanah penggembalaannya, 6:81 Hesybon dengan tanah-tanah penggembalaannya dan Yaezer dengan tanah-tanah penggembalaannya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abdon a town of Asher east. of Achzib, given to the Gershonite Levites,a man who was the eleventh judge of Israel,the son of Shashak of Benjamin,son of Je-Iel of Gibeon in Benjamin; great uncle to King Saul,son (descendent) of Micah/Micaiah in King Josiah's time
 · Ahimaas father of Ahinoam the wife of Saul,a chief priest; son of Zadok I,son-in-law and food collection officer (Naphtali) of Solomon
 · Alemet a town of Benjamin 2 km NE of Anathoth (OS),son of Beker son of Benjamin,son of Jehoaddah (Micah Jonathan Saul Benjamin)
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · anak-anak perempuan Manasye the tribe of Manasseh.
 · Anatot a town of Benjamin 10 km NE of Jerusalem, given to the priests,son of Becher, a Benjamite,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law
 · Anem a town of Issachar given to the Gershonites
 · Aner an Amorite chief who was an ally of Abram,a town in the territory of Manasseh given to the Kohathites
 · Asan a town of Simeon in the western foothills of Judah
 · Asyer a tribe of Israel that came from Asher; son of Jacob and Zilpah,the man; son of Jacob and Zilpah,a tribe of Israel or its land
 · Asytoret a goddess
 · Ayalon a town 19 km WNW of Jerusalem,a town in the land of Zebulun some 90 km north of Jerusalem
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Kehat members of the clan of Kohath of Levi
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · bani Manasye the tribe of Manasseh.
 · bani Ruben the tribe of Reuben
 · bani Simeon the tribe of Simeon
 · Basan a region east of Lake Galilee between Mt. Hermon and Wadi Yarmuk
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Bezer a city of refuge in Reuben, given to the Merarites,son of Zophah of Asher
 · Bileam a town of eastern Manasseh assigned to the Levites
 · Daberat a town of Issachar given to the Gershonites
 · Debir the Amorite king of Eglon,a town of Judah 14 km SW of Hebron,a border town of Judah, about 16 km east of Jerusalem,a northern border town of Gad, about 80 km NE of Jerusalem
 · Dobrat a town of Issachar given to the Gershonites
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Estemoa a town of Judah 15 km south. of Hebron, given to the Kohathites,a man of Judah; son of Ishbah of Ezrah and of Hodiah
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites


Topik/Tema Kamus: Suku | Yakub | Asal Usul | Silsilah | Imam | Ramot | Hilon | Bileam | Hukok | Kota Perlindungan | Masal | Yokmeam | Anem | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: 1Taw 6:57-59 - kota suaka kota suaka: Kalau seseorang dengan tidak sengaja membunuh orang lain, maka ia boleh lari ke salah satu dari kota-kota itu supaya terlindung dari pemba...

kota suaka: Kalau seseorang dengan tidak sengaja membunuh orang lain, maka ia boleh lari ke salah satu dari kota-kota itu supaya terlindung dari pembalasan dendam. (Lih. Yos 20:1-9).

Jerusalem: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abra...

Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abraham, dan daftar-daftar keturunan yang disajikan 1Tawarikh berakhir dengan raja Saul. Begitu disiapkan kisah mengenai Daud yang menjadi tokoh utama dalam kitab Tawarikh. baiklah dibandingkan silsilah Yesus yang disajikan Mat 1:1-17; Luk 3:23-38. Si Muwarikh memanfaatkan kitab Pentateukh dalam redaksinya yang terakhir dan lagi kitab-kitab sejarah yang sudah disusun sebelumnya. Ia menambah beberapa berita lain yang kiranya tepat. Berita-berita itu diangkatnya dari sumber-sumber lain yang tersedia baginya. Silsilah-silsilah yang disajikan si Muwarikh kemudian masih dilengkapi oleh orang-orang lain yang berhaluan sama,- Seperti seringkali halnya dengan silsilah-silsilah yang tercantum dalam Alkitab, demikianpun silsilah-silsilah yang tercantum dalam 1Tawarikh ini menunjuk hubungan kekeluargaan yang agak longgar dan bahkan hubungan antar tetangga saja. Nama-nama tempat dapat menjadi nama orang. Baik dalam naskah-naskah Ibrani maupun dalam terjemahan-terjemahan kuno ada banyak perbedaan nama. Tidak semua perbedaan dapat dicatat di sini.

Ende: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pad...

Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pada kaum Levita. Silsilah2 itu untuk sebagian diambil alih dari Kitab Sutji, untuk sebagian di-buat2 sadja, entah oleh si penjusun sendiri, entah oleh orang lain jang mendahuluinja, sehingga si penjusun menjalin sadja. Pada bangsa Jahudi sesudah pembuangan silsilah2 keluarga dan marga dianggap sangat penting. Nama2 jang terdapat dalam daftar2 itu tidak selalu nama2 orang tertentu, melainkan sering-kali djuga nama marga, keluarga, suku, bangsa, daerah atau kota. Kata "anak" atau "bapak","melahirkan" dan "memperanakkan" serta "kawin" tidak selalu mempunjai maknanja jang biasa, tetapi dapat berarti djuga "pendiri", "penguasa", "perebut", "bertjampur dengan suku bangsa atau marga lain" dan sebangsanja. Perlulah tiap2 kali nama2 diperiksa untuk menentukan maknanja jang konkrit. Apa jang dimaksudkan ialah seringkali hubungan2 tertentu, kadang2 hubungan tempat sadja, antara marga2 dan keluarga2 Israil satu sama lain atau dengan suku2 lain, jang lama-kelamaan diisap atau ditaklukkan oleh suku2 Israil. Dan hubungan2 sematjam itu tidak boleh dianggap sebagai selalu tjotjok dengan hasil ilmu bangsa.

Maksudnja si pengarang dengan daftar2 nama ialah: Menggabungkan Dawud dan keturunannja (al-Masih) dengan asal-usul umat Allah dan bangsa manusia seluruhnja. Dalam rentjana Allah Penjelamat semuanja menudju kesitu sebagai pusat dan penjelesaian sedjarah.

Ende: 1Taw 4:1--9:34 - -- Dalam fasal2 ini disadjikan nama marga2, keluarga2 dan suku2, jang termasuk kedalam Israil. Bukan semua Jahudi aseli, tetapi djuga marga2 dan keluarga...

Dalam fasal2 ini disadjikan nama marga2, keluarga2 dan suku2, jang termasuk kedalam Israil. Bukan semua Jahudi aseli, tetapi djuga marga2 dan keluarga2 asing, jang diisap oleh suku2 Israil. Dengan djalan ini mau dibuktikan, marga dan keluarga mana (sesudah pembuangan) termasuk kedalam umat Jahwe. Karena itu, bila mungkin, daftar nama diteruskan sampai kemasa pembuangan, chususnja mengenai marga2 dan keluarga2 Juda, Jerusjalem dan kaum Levita. Ketiga ini mendapat perhatian jang chusus.

Endetn: 1Taw 6:55 - -- Ditinggalkan, menurut satu naskah terdjemahan Junani: "dari" (untuk).

Ditinggalkan, menurut satu naskah terdjemahan Junani: "dari" (untuk).

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:53 - ialah Zadok · ialah Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17

· ialah Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:54 - tempat-tempat kediaman · tempat-tempat kediaman: Bil 31:10; Bil 31:10

· tempat-tempat kediaman: Bil 31:10; [Lihat FULL. Bil 31:10]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:56 - bin Yefune · bin Yefune: Yos 14:13; Yos 14:13; Yos 15:13; Yos 15:13

· bin Yefune: Yos 14:13; [Lihat FULL. Yos 14:13]; Yos 15:13; [Lihat FULL. Yos 15:13]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:57 - kemudian Libna // dan Yatir · kemudian Libna: Bil 33:20; Bil 33:20 · dan Yatir: Yos 15:48; Yos 15:48

· kemudian Libna: Bil 33:20; [Lihat FULL. Bil 33:20]

· dan Yatir: Yos 15:48; [Lihat FULL. Yos 15:48]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:58 - penggembalaannya, Debir · penggembalaannya, Debir: Yos 10:3; Yos 10:3

· penggembalaannya, Debir: Yos 10:3; [Lihat FULL. Yos 10:3]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:59 - Asan · Asan: Yos 15:42; Yos 15:42

· Asan: Yos 15:42; [Lihat FULL. Yos 15:42]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:60 - dan Anatot · dan Anatot: Yer 1:1

· dan Anatot: Yer 1:1

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:64 - Lewi kota-kota · Lewi kota-kota: Bil 35:1-8

· Lewi kota-kota: Bil 35:1-8

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:67 - lalu Gezer · lalu Gezer: Yos 10:33; Yos 10:33

· lalu Gezer: Yos 10:33; [Lihat FULL. Yos 10:33]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:68 - Yokmeam // penggembalaannya, Bet-Horon · Yokmeam: 1Raj 4:12 · penggembalaannya, Bet-Horon: Yos 10:10; Yos 10:10

· Yokmeam: 1Raj 4:12

· penggembalaannya, Bet-Horon: Yos 10:10; [Lihat FULL. Yos 10:10]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:69 - Ayalon // dan Gat-Rimon · Ayalon: Yos 10:12; Yos 10:12 · dan Gat-Rimon: Yos 19:45; Yos 19:45

· Ayalon: Yos 10:12; [Lihat FULL. Yos 10:12]

· dan Gat-Rimon: Yos 19:45; [Lihat FULL. Yos 19:45]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:71 - Keturunan Gerson // di Basan · Keturunan Gerson: 1Taw 23:7 · di Basan: Yos 20:8; Yos 20:8

· Keturunan Gerson: 1Taw 23:7

· di Basan: Yos 20:8; [Lihat FULL. Yos 20:8]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:72 - Daberat · Daberat: Yos 19:12; Yos 19:12

· Daberat: Yos 19:12; [Lihat FULL. Yos 19:12]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:74 - penggembalaannya, Abdon · penggembalaannya, Abdon: Yos 19:28; Yos 19:28

· penggembalaannya, Abdon: Yos 19:28; [Lihat FULL. Yos 19:28]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:75 - Hukok // dan Rehob · Hukok: Yos 19:34 · dan Rehob: Bil 13:21; Bil 13:21

· Hukok: Yos 19:34

· dan Rehob: Bil 13:21; [Lihat FULL. Bil 13:21]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:76 - penggembalaannya, Hamon // dan Kiryataim · penggembalaannya, Hamon: Yos 19:28 · dan Kiryataim: Bil 32:27; Bil 32:27

· penggembalaannya, Hamon: Yos 19:28

· dan Kiryataim: Bil 32:27; [Lihat FULL. Bil 32:27]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:78 - Ruben: Bezer · Ruben: Bezer: Yos 20:8; Yos 20:8

· Ruben: Bezer: Yos 20:8; [Lihat FULL. Yos 20:8]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:79 - Kedemot · Kedemot: Ul 2:26; Ul 2:26

· Kedemot: Ul 2:26; [Lihat FULL. Ul 2:26]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:80 - di Gilead // penggembalaannya, Mahanaim · di Gilead: Yos 20:8 · penggembalaannya, Mahanaim: Kej 32:2; Kej 32:2

· di Gilead: Yos 20:8

· penggembalaannya, Mahanaim: Kej 32:2; [Lihat FULL. Kej 32:2]

Ref. Silang FULL: 1Taw 6:81 - dan Yaezer // tanah-tanah penggembalaannya · dan Yaezer: Bil 21:32; Bil 21:32 · tanah-tanah penggembalaannya: 2Taw 11:14

· dan Yaezer: Bil 21:32; [Lihat FULL. Bil 21:32]

· tanah-tanah penggembalaannya: 2Taw 11:14

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Taw 6:31-53 - Pekerjaan Orang Lewi Pekerjaan Orang Lewi (6:31-53) Ketika orang-orang Lewi pertama kali ditahbiskan di padang gurun, banyak pekerjaan yang ditetapkan bagi mereka adala...

Matthew Henry: 1Taw 6:54-81 - Kota-kota Orang Lewi Kota-kota Orang Lewi (6:54-81) Kita di sini membaca kisah tentang kota-kota orang Lewi. Kota-kota tersebut disebut tempat-tempat kediaman mereka (a...

SH: 1Taw 6:48-81 - Taat dalam Setiap Detail (Kamis, 3 Agustus 2023) Taat dalam Setiap Detail Sebagai manusia yang masih bergumul dengan dosa, kita cenderung untuk memilih hal-hal yang nyaman bagi kita. Namun, sebagai ...

SH: 1Taw 6:31-53 - Imam yang istimewa (Senin, 28 Januari 2002) Imam yang istimewa Selain kaum Lewi yang biasa (ayat 16-30), ada pula kaum Lewi sebagai para penyanyi (ayat 31-47). Perikop ini mendaftarkan ...

SH: 1Taw 6:31-53 - Biduan rumah Tuhan (Senin 11 Agustus 2008) Biduan rumah Tuhan Apa fungsi nyanyian dalam sebuah ibadah? Bukan hanya zaman sekarang, zaman dulu pun nyanyian sebagai bagian dari ibadah sudah...

SH: 1Taw 6:54-81 - Tuhan memelihara hamba-Nya (Selasa 12 Agustus 2008) Tuhan memelihara hamba-Nya Suku Lewi ditetapkan Tuhan untuk melayani di rumah Tuhan. Oleh karena itu mereka tidak mendapatkan tanah warisan untu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Matthew Henry: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Dalam perkara sehari-hari, pengulangan dipandang sebagai sesuatu yang tidak perlu dan membosankan, tetapi dalam perkara kudus, ada perintah demi pe...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.29 detik
dipersembahkan oleh YLSA